08 Juli 2024

Mengubah Perilaku dengan Mengubah Lingkungan/Kondisi

Salah satu kutipan yang menarik dari Profesor James Reason yaitu "you cannot change the human condition, but you can change the conditions in which humans work".

Maka dari itu, menurut saya, sangatlah penting untuk memahami manusia dengan lebih baik. Bagaimana cara menangkap informasi, bagaimana informasi/cue dari lingkungan memberikan petunjuk/refleks otomatis berpikir, dan cara berpikir/mengambil keputusan.

Di video ini, kita bisa melihat bahwa ketika dihadapkan pada jalanan yang lurus dan luas, kecenderungan manusia akan memacu kendaraannya.

Maka, dengan rekayasa lalu lintas, perubahan kondisi lingkungan (dalam hal ini desain jalan raya), diharapkan mampu mengubah "kebiasaan" atau perilaku berkendara.

Kembali ke dasar, seperti yang digaungkan oleh National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) yakni PtD (Prevention through Design), pencegahan melalui desain. Di Eropa, hal ini lebih dikenal sebagai 'safety by design'. Yang lebih efektif dalam mencegah kecelakaan ketimbang peraturan/prosedur apalagi hanya sekedar Alat Pelindung Diri (APD).

Kira-kira, hal apa saja yang perlu dipelajari untuk lebih baik mengelola keselamatan dengan pendekatan PtD ya, silakan sharingnya...


hashtag

Ilustrasi video redesign jalan raya untuk mencegah perilaku mengebut


---000---

Depok, 26 Mei 2024
Syamsul Arifin, SKM. MKKK. Cert IOSH.
Praktisi K3LH.

Postingan terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar