08 Juli 2024

Manusia sebagi sumber solusi (heroic recovery)

 Pada 1926, pilot yang juga stunt girl pemberani bernama Gladys Ingle, mengganti ban pesawat sembari mengangkasa di ketinggian 600 meter.

Awalnya, sang pilot Art Gobel sedang melakukan aksi terbang ketika salah satu roda pesawatnya terlepas dan jatuh ke bumi.

Ingle menyusul menaiki pesawat yang berbeda, lepas landas sembari menggendong roda pengganti. Ia kemudian berpindah pesawat di angkasa, dan mengganti rodanya sembari pesawat terus mengudara. Akhirnya, pesawat Gobel dapat mendarat dengan selamat. 

Manusia sering dianggap sebagai salah satu bahaya yang harus dikontrol. Namun dalam kisah ini kita bisa menyaksikan bahwa manusia, juga bisa menjadi pahlawan, penyelamat di tengah potensi bencana kecelakaan.

Terkadang, peralatan rusak, prosedur tidak lengkap, sumber daya tidak memadai, bahaya tersembunyi tak disadari, perubahan terjadi, dst. Disitulah letak keunggulan manusia.

Manusia mampu beradaptasi, melakukan proses kreatif-kreasi, berimprovisasi-inovasi, berkolaborasi, dan memberikan solusi dalam menyelesaikan masalah di tempat kerja. 

Janganlah menjelekkan diri/kaum (manusia) sendiri. Berhentilah menyalahkan pekerja. Lihatlah dari sisi berbeda, bukan lagi manusia sebagai sumber masalah yang harus dikendalikan/dikontrol, tapi sumber solusi yang harus diberdayakan.



---000---


Bandung, 5 Maret 2024

Syamsul Arifin, SKM. MKKK. Cert IOSH.

Praktisi K3LH.

Postingan terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar